Jumat, 25 Juni 2010

Pendaftaran ke SD/SMP/SMA/SMK di Jakarta pun via online

Kemajuan teknologi informasi sudah merambah ke mana-mana. Saya cukup kaget juga penerimaan SD, SMP, SMK dan SMA negeri di Jakarta dan beberapa kota lainnya sudah melalui internet. Berikut linknya masing-masing untuk Jakarta :



1. Untuk SD : http://sd.ppdbdki.org
2. Untuk SMP : http://jakarta.siap-psb.com
3. Untuk SMA : http://jakarta.siap-psb.com
4. Untuk SMK :http://jakarta.siap-psb.com

Aturannya di :http://jakarta.siap-psb.com/info/aturan.html


Kebetulan saya mempunyai teman yang anaknya masuk ke SMP. Ada golongan SMP Standar Nasional (SSN) dan SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Untuk SMP SSN tentunya dijaring yang mempunyai prestasi baik sedangkan SMP RSBI selain prestasi, kualitas internasional dan biaya yang perlu dipertimbangkan dengan matang.


Dalam link/website pendaftaran http://jakarta.siap-psb.com terdapat jadwal, daftar SMP, SMP SSN, SMP RSBI, Daya Tampung (Jakarta 95% dan Non Jakarta 5%), Passing Grade, Bangku Kosong, Area Download (alur, ganti jurusan dan passing grade tahun sebelumnya) dan tentunya hasil seleksi.


Mekanisme yang saya tangkap dari alur yang diberikan ada 3 langkah. Pertama mendaftar di salah satu SMP untuk mengisi 1 sampai beberapa pilihan sekolah SMP. Kedua, memantau hasil seleksi on line via linkhttp://jakarta.siap-psb.com pada batas waktu akhir. Ketiga, jika diterima maka melakukan lapor diri ke SMP yang diterima atau menuju penerimaan pada tahap ke-2 berdasar bangku yang masih kosong.


Memang dengan metoda baru ini, orang tua perlu mempelajarinya dan sebaiknya mempersiapkannya sejak awal. Yang paling penting adalah dipersiapkan sejak awal, terutama yang sudah kelas 6 SD untuk ke SMP, kelas 3 SMP untuk ke SMA. Hasil Ujian Nasioanl menjadi patokan passing grade sehingga nilai yang tinggi akan mendapatkan sekolah dengan passing grade yang lumayan tinggi.


Ada beberapa cara yang dipersiapkan diantaranya rajin belajar, rajin masuk sekolah, diajarkan jiak kesulitan, diberikan les private mendatangkan ke rumah atau ikut bimbingan belajar. Cara apapun juga perlu dipertimbangkan sesuai kemampuan keluarga keuangan dan kemampuan otak siswa.


Semoga dengan gambaran ini, orang tua siswa yang akan mempersiapkan putra-putrinya masuk tingkat yang lebih tinggi dapat mempersiapkannya sejak sekarang.

6 komentar:

  1. Yups, bener bgt mas prab, bola itu bundar... lebih sulit mempertahankan prestasi daripada meraihnya... tim yg solid, penuh semangat, pantang menyerah n tekun berlatih adalah kunci sukses mengangkat trophy juara..!! :) salam kenal..

    BalasHapus
  2. dibutuhkan sebuah tim sepakbola yg solid dan kompak,,
    ketika terdesakatau permainan lawan lebih keras maka jangan kehilangan gayapermainan,,gaya permainan yg cantik bisa mndatangkan juara k timtersebut..

    salam kenal
    http://blog.unand.ac.id/iwan06/

    BalasHapus
  3. IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

    BalasHapus
  4. @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

    BalasHapus
  5. Nurdin dan Gayus,.....ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti...semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe...

    BalasHapus