Selasa, 22 Juni 2010

Selamat Ulang Tahun Jakarte Yee



Wah udah 483 tahun ya kota Jakarta. Umur yang tergolong sangat matang. Pada saat ulang tahun adalah saat introspeksi. Apa ya yang bisa dievaluasi untukkemajuan yang lebih baik buat Jakarta di masa depan ? Berikut sekelumit beberapa diantaranya :




  • Transportasi (Kemacetan)


Kemacetan sudah menjadi hal umum di Jakarta, pada waktu berangkat pagi, pualng kantor, dekat sekolah, tempat perbelanjaan, pasar dan perempatan adalah waktu dan lokasi yang biasa akan ditemui si macet. Satu pemikiran sederhana yang bisa dipertimbangkan adalah selain pembangunan jalan pintas, by pass atau jalan tol adalah pembenahan Moda Transportasi Umum Massal .


Pemindahan penumpang dari semula kendaraan pribadi ke kendaraan umum massal dapat terjadi apabila ada pembenahan dalam moda ini terutama dengan meningkatkan kenyamanan, keamanan dan aksesbilitas. Bisa juga dipertimbangkan moda transportasi lain dalam aera-area macet. Moda transportasi yang bisa menjadi alternatif yaitu Sub Way, Monorel, Kereta Api Cepat dan moda jenis lain. Dalam pembangunannya perlu direncanakan sesuai denagn tata kota jakarta secara keseluruhan dan kesesuaian untuk 30 -50 tahun kedepan.




  • Air (Banjir)


Banjir merupakan langganan untuk daerah-daerah tertentu di Jakarta. Sungguh beruntung sejak jaman pra kemerdekaan sudah mulai dibuat kanal timur dan kanal barat untuk mencegah banjir yang sudah terjadi sejak dulu kala.Kedua kanal ini sudah tembus ke pantai utara jawa. Perlu ada strategi jangka panjang agar selain pemeliharaan kanal tersebut dibuat solusi lain agar banjir jauh-jauh dari kota Jakarta.




  • Kepadatan Penduduk (Pembangunan Perumahan)


Pembangunan perumahan merupakan tuntutan akan kepadatan penduduk. Suka tidak suka mau tidak mau sehubungan lahan makin mahal dan terbatas pembangunan mengarah vertikal. Memang pembangunan apartemen dan perumahan sudah dilaksanakan di seluruh pelosok Jakarta. Masalah utama adalah perlunya pembangunan perumahan untuk golongan menengah ke bawah.




  • Kota Metropolitan ke Megapolitan


Kota Jakarta bukan hanya kota metropolitan tetapi sudah menuju kota megapoltian yang menjadi refernsi dan mercu suar kota- kota besar di dunia untuk segala aspek, seperti pembangunan ekonomi, budaya, politis.sosial dan perkembangan teknologi di masa depan. Pembenahan dan terus penyempurnaan perlu dilakukan untuk menjadi kotayang nyaman disinggahi dan ditinggali oleh penduduk di seluruh dunia.





  • Kebersamaan dengan Kota Tetangga Dekat


Kota Jakarta bisa menajdi daya dukung sebagai ibu kota negara Indonesia jika ada kebersamaa dengan kota-kota sekitar. Maka lahir istilah Jabotabek (Jakarta Bogor Tangerang Bekasi). Sebenarnya dalam jangka panjang kota tetangga yang akan mendukung jakarta tidak hanya itu. Di masa depan akan didukung kota Sukabumi, Kerawang, Cianjur dan kota-kota lainnya.


Adanya kerja sama dan kebersamaan dalam lingkup yang besar sehingga daya dukung semua aspek untuk menjadi kota besar yagn diakui dunia dapat dibanggakan.


Selamat Ulang tahun Jakarte Yee





8 komentar:

  1. susah-susah gampang hidup di jakarta. kalu punya skill bs hidup enak. kalau nggan ya jd gelandangan
    my blog

    BalasHapus
  2. wahhh...mantab infonya

    saya mau ke jkt ntr dikasih tau ya

    hehehe

    BalasHapus
  3. portugal donk
    blog.unand.ac.id/shagylin/

    BalasHapus
  4. haha..nantikan prediksi saya ya

    BalasHapus
  5. Muller dan klose akan tambah golnya..........

    BalasHapus
  6. IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

    BalasHapus
  7. @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

    BalasHapus
  8. Nurdin dan Gayus,.....ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti...semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe...

    BalasHapus