Minggu, 06 Juni 2010

Jalan Braga Bandung : Kenangan yang tak Usai


Jalan Braga merupakan salah satu lokasi wisata di bandung yang perlu dilestarikan. Secara historis Braga sudah mulai dikenal sejak jaman Hindia Belanda tahun 1920-an. Sampai saat ini, Jalan Braga merupakan monumen penting kota Bandung. Bangunannya masih banyak yang dipelihara seperti aslinya sehingga wisata ke sini terlihat seperti wisata ke kota tua. Namun demikian pengaruh modernisasi sudah mulai terasa meski tidak menghilangkan keaslian bangunan masa lalu.


Braga Citiwalk merupakan pengaruh modern, dengan bangunan lama yang diisi tempat nongkrong dengan produk-produk modern. Ada tempat makan, ada tempat jalan-jalan dan tempat untuk merasakan aura Braga dalam historis masa lalu dan kini. Sedangkan New Majestic di ujung jalan masih mengesankan masa lalu. Tahun 1990-an lalu saya kenal di sini terdapat bioskop sederhana yang cukup diminati. Sedangkan di ujung jalan Braga terdapat monumen penting buat masyarakat dunia yaitu Gedung Merdeka tempat diselenggarkannya Konferensi Asia Afrika 1955 dan 2005 yang memberikan tonggak penting buat perdamaian dunia.



Satu hal penting untuk menikmati jalan Braga adalah dengan berjalan kaki. Jikapun naik kendaraan pribadi, diparkir aja dan lakukan jalan dari ujung satu ke ujung yang lain jalan Braga. Wah bisa berfoto ria, bisa menikmati keasrian gedung-gedung tua, bisa merasakan life style masa lalu dan kini yang membuat kesan Kota Bandung yang asri dan indah terasa.



Braga hanya satu jalan pendek, namun memberikan arti buat kota Bandung dan dunia. Awal kegiatan dahulu di jalan braga, meski saat ini pusat kegiatan dan keramaian sudah berpencar ke banyak tempat, jalan braga tak bisa dihilangkan begitu saja. Sejarah kota bandung dan perdamain dimulai dari sini. Satu tambahan yang mungkin bisa dilakukan yaitu dibuat suatu sentra oleh-oleh dan gift khas Bandung yang terpilih layaknya jika kita jalan-jalan ke eropa. Sehingga wisatawan begitu kembali ke tempat masing-masing ada kenang-kenangannya dan bisa bercerita.


Semoga keasliaan suasana Braga dan historisnya tetap bisa membuat kita merasakan dan mengilhami akan masa depan yang lebih baik.


Salam Tour Lokasi.


5 komentar:

  1. piala dunia oiiii...
    lupakan Luna Arielllll.....

    BalasHapus
  2. Piala dunia aaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    i am comingggggggggggggggggggg
    lupakan gosippppppppppppppp
    saatnya bersorak golllllllllllllllllllllll
    my blog

    BalasHapus
  3. All Netter Thanks atas commennya, selamat menikmati nonton bareng ya

    BalasHapus
  4. Temen saya bilang, "ditinggal pacar gua nggak nangis, ditinggal suami gua nggak sedih, tapi waktu tahu Jerman kalah, gua sakiiit banget." Sampe segitunya ya cintanya sama tim panser. ck...ck...ck... btw, apa kabar nih PSSI?

    BalasHapus
  5. Nurdin dan Gayus,.....ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti...semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe...

    BalasHapus