Rabu, 02 Juni 2010

Situ Gunung : Danau, Curug, Area Camping dan Ojek Ekstrim

Perjalanan ke Situ Gunung, Cisaat, Sukabumi adalah perjalanan santai, penuh kenangan dan ternyata ada ekstrim travelnya juga. Rombonngan yang rencananya 2 mobil menjadi hanya 1 mobil saja. Perjalanan di akhir November 2009 ini adalah pada 2 lokasi yaitu situ gunung, cisaat, sukabumi dan ujung genteng di selatan sukabumi. Sudah diwanti-wanti sejak awal, perihal tidur, perjalanan dan makan harus siap dengan segala kemungkinan meski perencanaan dan persiapan sebaik mungkin. Kebetulan untuk tidur di rumah bapak saya di kota sukabumi dengan kondisi rumah seadanya.



twasitugunung



Perjalanan awal ke situ gunung adalah perjalanan santai untuk melihat-lihat curug (air terjun) dan danau. Letak situ gunung adalah sekitar 7 km di utara cisaat (cisaat dari jakarta sekitar 7 km sebelum ke sukabumi). Untuk transportasi dengan kendaraan umum sangat mudah, turun di cisaat atau dari sukabumi cari kendaraan umum menuju cisaat. Cisaat ke arah situ gunung dapat menggunaan kendaraan umum atau ojeg.


Pintu masuk situ gunung ke arah curug sawer (air terjun di situ gunung) harus dilalui dengan berjalan kaki. Disarankan untuk anak kecil, orang tua usia lanjut atau ibu hamil tidak perlu menuju curug sawer. Perjalanannya sungguh menantang, ada jalan mendaki, jalan menurun, melalui batu-batuan, kadang licin dan butuh stamina cukup untuk menempuh setidaknya 1 sampai 2,5 jam, tergantung cuaca dan stamina pejalan kaki. Awalnya rombongan yang menggunakan sepatu, sendal kaki dicopot agar memudahkan perjalanan sampai ke ujung. Memang nafas cukup terengah-engah, namun sesampai di lokasi curug sawer perjuangan di jalan akan impas dengan pemandangan curug yang sungguh mempesona.


Hati-hati disarankan pada saat hujan, terdapat lintah yang sewaktu-waktu bisa menempel di kaki. Jangan kuatir sediakan tembakau (potongan rokok) jika terjadi. Saat kami datang kami terbebas dari adanya lintah ini. Sungguh indah curug sawer yang kami kunjungi, bahkan kami berkesempatan berendam dan merasakan derasnya curahan air terjun ke bawah yang berkecipratan dan membuncah ke mana-mana.




Ada kejadian yang menantang waktu kami kembali dari curug sawer, berhubung kami sudah kecapaian kami naik ojeg. Ola la kami melalui jalan di pinggir bukit dan jurang. Hanya satu motor saja bisa lewat, kondisi sehabis hujan lagi. Kami lihat ada sapi terjatuh dan sekarat di jurang bawah. NGeri juga, ternyata kami naik ojeg ekstrim, tapi mengasikkan, menantang dan penuh kenangan yang cukup menaikkan andrenalin. Syukur kami semua selamat sampai kembali ke gerbang dan menuju ke danau.


Sungguh setiba di tepi danau, suasana tenang, asri dan kedamaian kami rasakan. Keteduhan pohon pinus dan suasana sore yang mendukung membuat perjalanan yang semula menantang berganti dengan suasana ketenangan. Kami seakan-akan berada di luar negeri dengan memandang danau tentang di situ gunung. Perjalanan dari danau ke tempat parkir terpaksa kami jalanin menjelang matahari terbenam. Kami masih ingin merasakan dan menikmati danau situ gunung, apa boleh buat kami harus kembali ke tempat parkir. Kami istirahat ke kota sukabumi untuk diteruskan perjalanan esok pagi-pagi ke ujung genteng nun jauh di selatan sukabumi.


Salam Tour Lokasi



Situ Gunung : Danau, Curug, Area Camping dan Ojek Ekstrim
Ujung Genteng : Perjalanan panjang ke pantai samudera
Ujung Genteng : We Shall Return
Ujung Genteng : Ombak 7, Pulau Keris, Citireum
Ujung Genteng : Pelepasan Tukik dan Penyu Bertelur
Sukabumi : Bergelimang Curug (Air Terjun)

7 komentar:

  1. ingin sekali ke ujung genteng, putu2nya donk :)

    BalasHapus
  2. Waaaahhhhh.......

    Pas bgt nih posting, saya baru liburan panjang kemarin ke sana, tapi saya lebih extrim, naek motor!!!!! hehehehe... Touring dengan 30 orang lainnya... mantap!!!!

    ada yang cidera, ban pecah, spion kepentok dan saya sendiri ban kempes pas ngelewatin hutan ditengah hujan deras.... pokoknya unforgetable moment...

    Dan sampai disana emang keren bgt... kalo kata orang sih, kayanya pantainya masih rada perawan tuh.... mantap!!!

    Tapi sayang ya terlalu jauh buat wisata keluarga...

    So mau join ke UGM (Ujung Genteng Mania ??? hahahahaha....

    salam

    BalasHapus
  3. thanks atas commentnya, datang langsung Anda bisa merasakan indahnya alam ini

    BalasHapus
  4. @dewipadi lihat putu2 nya masih banyak, paling pas dateng alngsung ke sana, pesan satu aja selalu pertimbangkan faktor keselamatan ya

    @ocehanburung oo jangan2 yang pas makan di rumah makan pojok ya, itu tempat kami makan di kunjungan pertama hanya kita lokasinya berpindah ke pantai

    setuju ke ujung genteng unforgetable moment, boleh juga ada UGM, Anda foundernya ? Salam buat teman2 kalau ada kesempatan kembali kasih tahu ya ke bowox9@gmail.com

    BalasHapus
  5. All Netter Thanks atas commennya, selamat menikmati nonton bareng ya

    BalasHapus
  6. Temen saya bilang, "ditinggal pacar gua nggak nangis, ditinggal suami gua nggak sedih, tapi waktu tahu Jerman kalah, gua sakiiit banget." Sampe segitunya ya cintanya sama tim panser. ck...ck...ck... btw, apa kabar nih PSSI?

    BalasHapus
  7. Nurdin dan Gayus,.....ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti...semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe...

    BalasHapus