Rabu, 02 Juni 2010

Ujung Genteng : Perjalanan panjang ke pantai samudera

Kabupaten Sukabumi adalah kabupaten terluas di pulau jawa, terdapat lereng gunung, danau, curug, gua, sungai arus liar, perkebunan, perikanan dan pantai samudera. Panjang utara selatan lebih dari 125 km, dan lebar lebih dari 60 km. Sungguh semua pemandangan, petualangan, dan aneka travel bisa diperoleh di sukabumi. Salah satu yang menjadi tujuan rombongan kami adalah ujung genteng. Memang ada pelabuan ratu yang sudah terkenal di seantero dunia. Namun magnet ujung genteng membuat kami datang paling tidak 2 kali ini.


Saya yang pernah tinggal 10 tahun di sukabumi, bahkan orang tua masih tinggal di sukabumi baru menyadari akan potensi besar wisata di sukabumi. Ajakan untuk ikut rombongan menuju ujung genteng dengan segala kemungkinannya saya tanggapai dengan antusias. Perjalanan ini pada akhir Novermber 2009, setelah hari pertama mengunjungi situ gunung yang juga di sukabumi, pagi-pagi kami siap menuju selatan sukabumi. Ujung genteng kami datang.



pantaisukabumi



Jalur menuju ke ujung genteng membuat kami sempat berdebat, ujung-ujungnya berdasarkan pengalaman kami dan hasil wawancara kami dengan pengunjung semua jalur punya tantangan dan kesan tersendiri. Ujung genteng bisa didatangi melalui jalur cikidang, jalur cibadak dan jalur dari kota sukabumi. Petunjuk menuju ke ujung genteng cukup jelas, setidaknya jika bingung tanyakan pada penduduk yang ramah seperti yang semapt kami lakukan pula.





Perjalanan kami yang pertama dari kota sukabumi melalui cibadak menuju pelabuan ratu. Jalannya relatif bagus dan lebar untuk skala jalan di daerah. Secara keseluruhan perjalanan kami tempuh selama 8 jam termasuk berhenti makan dan istirahat sejenak. Kami sempat pula masuk ke pelabuan ratu. Suasana dan pemandangannya di sini sungguh tak kalah menarik, namun sehubungan tujuan kami ujung genteng kami balik kanan kembali menuju tujuan. Ternyata dari arah cibadak sebelum pelabuan ratu, belok ke kiri melalui isitilah penduduk jembatan kuning. Dari belokan ini menuju ujung genteng, sungguh kami menyaksikan dan melalui jalan yang penuh pemandangan. Di sebelah kanan kami bisa meninjau pantai dan samudera, di sebelah kiri dan kanan kami melewati dan melingkari bukit-bukit dengan jalan menaik dan menurun. Suatu pemandangan yang biasa kami lihat deretan perbukitan di kiri atau kanan kami. Sungguh indah pemandangan di Indonesia, salah satunya dalam perjalanan ini.


Kami mencapai ujung genteng ada siang menjelang sore. Tanpa menunggu waktu kami membeli ikan beraneka rupa dan mencari tempat pembakaran ikan. Saking lapar dan lupa waktu kami menikmati makan di pantai dalam kegelapan dengan hanya dibantu sinar mobil kami. Asiik juga mendapatkan kejutan dalam perjalanan ini. OO..lala kami rencana awal tidak mempersiapkan menginap di ujung genteng. Kami belum tahu kalau di ujung genteng cukup tersedia penginapan di sana-sini. Beruntunglah salah satu anggota rombongan pernah praktek kuliah di tempat ini dan mempunyai kenalan yang berbaik hati menyediakan satu ruang rumahnya yang indah untuk tempat menginap kami semua. Kami selamat bisa menginap di salah satu rumah, terima kasih atas budi baik salah satu warga ujung genteng.


Kami baru mengetahui bahwa hasil perikanan samudera di ujung genteng punya unggulan yaitu ikan layurnya salah satu yang terbaik untuk diekspor. Meski ada musimnya namun hasil dari ikan layur di sini dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan di ujung genteng dan sekitarnya.


Sehubungan waktu yang terbatas, di ujung genteng kami hanya menikmati hasil ikan bakarnya, suasana tempat pelelangan ikan, cerita-cerita tempat yang patut dikunjungi di sekitar ujung genteng. Jadilah niat kami untuk datang kembali ke ujung genteng untuk kali berikutnya.


Ujugn Genteng, We'll be back again soon.


Salam Tour Lokasi.



Situ Gunung : Danau, Curug, Area Camping dan Ojek Ekstrim
Ujung Genteng : Perjalanan panjang ke pantai samudera
Ujung Genteng : We Shall Return
Ujung Genteng : Ombak 7, Pulau Keris, Citireum
Ujung Genteng : Pelepasan Tukik dan Penyu Bertelur
Sukabumi : Bergelimang Curug (Air Terjun)

7 komentar:

  1. ingin sekali ke ujung genteng, putu2nya donk :)

    BalasHapus
  2. Waaaahhhhh.......

    Pas bgt nih posting, saya baru liburan panjang kemarin ke sana, tapi saya lebih extrim, naek motor!!!!! hehehehe... Touring dengan 30 orang lainnya... mantap!!!!

    ada yang cidera, ban pecah, spion kepentok dan saya sendiri ban kempes pas ngelewatin hutan ditengah hujan deras.... pokoknya unforgetable moment...

    Dan sampai disana emang keren bgt... kalo kata orang sih, kayanya pantainya masih rada perawan tuh.... mantap!!!

    Tapi sayang ya terlalu jauh buat wisata keluarga...

    So mau join ke UGM (Ujung Genteng Mania ??? hahahahaha....

    salam

    BalasHapus
  3. thanks atas commentnya, datang langsung Anda bisa merasakan indahnya alam ini

    BalasHapus
  4. @dewipadi lihat putu2 nya masih banyak, paling pas dateng alngsung ke sana, pesan satu aja selalu pertimbangkan faktor keselamatan ya

    @ocehanburung oo jangan2 yang pas makan di rumah makan pojok ya, itu tempat kami makan di kunjungan pertama hanya kita lokasinya berpindah ke pantai

    setuju ke ujung genteng unforgetable moment, boleh juga ada UGM, Anda foundernya ? Salam buat teman2 kalau ada kesempatan kembali kasih tahu ya ke bowox9@gmail.com

    BalasHapus
  5. All Netter Thanks atas commennya, selamat menikmati nonton bareng ya

    BalasHapus
  6. Temen saya bilang, "ditinggal pacar gua nggak nangis, ditinggal suami gua nggak sedih, tapi waktu tahu Jerman kalah, gua sakiiit banget." Sampe segitunya ya cintanya sama tim panser. ck...ck...ck... btw, apa kabar nih PSSI?

    BalasHapus
  7. Nurdin dan Gayus,.....ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti...semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe...

    BalasHapus