Rabu, 22 Agustus 2012

Naik Kereta Api Jarak jauh Makin Nyaman

a3cc1106bd4369a97f820fd6b408046b_gedong-tengen-20120718-00276


Saya secara tidak sengaja mesti mengadakan perjalanan pada bulan Juli 2012 lalu ke Klaten melalui Yogya. Saya kaget ternyata ada beberapa  kemajuan dalam pelayanan Kereta Api saat ini sehingga saya sebutkan menjadi nyaman menggunakan jasa Kereta Api untuk jarak jauh. Tulisan ini hanya sekilas paduan subyektif penulis apresiasi atas beberapa kemajuan dalam pelayanan Kereta Api.


Berikut beberapa diantaranya :




  • Sekarang naik kereta api lebih nyaman : Untuk Kereta Api Jarak Jauh dan Sedang, semua penumapang dijamin mendapatkan tempat duduk sesuai kelasnya (PT KAI tidak menjual karcis tanpa tempat duduk/berdiri). Bahkan dalam pembelian tiket diperiksa KTP/identitas diri sehingga penumpang yang naik harus sesuai dengan KTP/identitas diri untuk menghindari percaloan.

  • Pembelian tiket KA bisa dilakukan mudah dan cepat di sekitar kita berada, umumnya dapet bukti bayar dan kode booking yang maksimum 1 sd 2 jam sebelum keberangkatan  ditukar dengan tiket asli di stasiun keberangkatan, beberapa cara pembelian tiket diantaranya :

    • Contact Center  121 (Telepon rumah) dan 021- 121/ 021- 21391121 (GSM & CDMA) 7 hari seminggu. Bank pembayaran yaitu bank mandiri, BPR KS,BII, BRI, BPD DIY dan Bank OCBC NISP selanjutnya akan dikembangkan melalui ATM bank lainnya antara lain Bank Panin, BNI, CIMB Clicks. Pelayanan dapat dilakukan 90 hari sebelumnya sampai 6 jam sebelum keberangkatan. Fax : 021-21391121, email : kontak_pelanggan@kereta-api.co.id

    • Website : http://www.kereta-api.co.id/

    • Stasiun Online

    • Kantor Pos (40 hari sampai dg 2 hari sebelum keberangkatan)

    • Drive Thru, saat ini ada di Stasiun Gambir, Cirebon, Semarang Tawang, jam 7 pagi sd 7 malam.

    • KABILA (Kereta Api Mobile Application) melalui smartphone spt BB, info KABILA ke 9333.

    • Indomart, Alfamart : saat ini baru di JABODETABEK dg membawa KTP& foto copy dg extra charge Rp. 7.500

    • Fastpay, Citos Connection (www.citosconnection.com)

    • Agen Resmi KAI (Agen Resmi KA masih terbuka)

    • Mobile Ticketing Online, saat ini yang aktif di Purwokerto 0281 - 7912699





  • Pembelian tiket dapat dilakukan 90 hari sebelumnya, sehingga untuk waktu padat sebaiknya membeli jauh-jauh hari. Di satu sisi ini keuntungan tetapi di sisi lain ini perlu dicermati untuk dapat tempat duduk, dengan menelepon 121 atau ke website dapat dipantau ketersediaan tempat duduk untuk KA dimaksud. Untuk waktu tidak padat harga tiket cukup murah tetapi pada waktu padat penumpang harga bisa melonjak sampai batas atas yang ditetapkan.

  • KA menyediakan banyak kelas untuk KA jarak jauh yaitu eksekutif, bisnis, ekonomi AC dan ekonomi. Sehingga masyarakat dapat memilih sesuai dengan budget dan kenyamanan masing-masing. Saya telah mencoba naik ekonomi AC dari Jakarta ternyata cukup menyenangkan dan salut keber sihan dijaga juga di kereta ini, tentunya untuk kelas eksekutif telah banyak perubahan.

  • Khusus untuk pengguna di JABODETABEK, tiket eksekutif, bisnis dan Ekonomi AC, tiket te rsebut bisa menjadi tiket KRL Jabodetabek secara gratis baik pada saat kedatangan maupun keberangkatan.6a9e806172fdcd32f830055d342d0019_gedong-tengen-20120718-00289


Perubahan tersebut membuat nyaman buat masyarakat pengguna Kereta Api. Anda ingin informasi lebih lanjut dapat menelepon 121 , twitter @KAI121 dan facebook KAI121.

Selamat menikmati pelayanan Kereta Api jarak jauh dengan pelayanan yang baru yang memberikan lebih ban

yak kemudahan dan kenyamanan. Memang ada keluhan dan ketidaknyamanan atas perubahan ini, moga-moga menjadi masukan untuk penyempurnaan di masa depan.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar