Senin, 20 Agustus 2012

Kinerja dan Masukan Transjakarta

8f98bb33ed590465b1f95733266a7373_img-20120805-00392


TransJakarta merupakan badan layanan umum di bawah Gubernur DKI Jakarta  yang dibentuk dalam strategi Pola Trasnportasi Makro (PTM) salah satu caranya dengan pembangunan BRT (Bus Rapid Transit) bertujuan mngurangi kemaacetan di Jakarta, yaitu beralihnya mobil pribadi ke transportasi Mass rapid transit (transportasi secara massal).  TransJakarta diharapkan sebagai salah satu alternatif  pelayanan dan penyediaan jasa transportasi yang aman, terpadu, tertib, lancar, nyaman, ekonomis, efisien efektif, dan terjangkau oleh masyarakat.



TransJakarta Busway sampai saat ini telah berumur  8 tahun,melayani 11 koridor dengan total panjang lintasan 184,31 km yang merupakan lintasan terpanjang di dunia dalam sistem BRT. Penumpan yang terangkut rata-rata 350.000 orang per hari.


b2a18fb7feba741a3eb56d5d20164c6d_img-20120818-00436


Salah satu media komunikasi dengan masyarakat dan antar pengelola telah dibuat :




92d73fb729194e02a3bb74682fb0049d_img-20120818-00443

Untuk operasional  bus, operasional tiket dan kegiatan penunjang lainnya dilaksanakan bekerjasama dengan pihak operator. Operator bus yang melayani di koridor busway, yaitu : PT. Jakarta Exspress Trans, PT. Trans Batavia, PT. Jakarta Trans Metropolitan, PT. Jakarta Mega Trans, PT. Primajasa Perdanaraya Utama, PT. Eka Sari Lorena Transport, PT Bianglala Metropolitan, PT Trans Mayapada Busway dan PT Perum Damri.


Ada  215 halte,  platform 110 centimeter agar  rata dengan bus, halte  dengan akses  pejalan kaki dengan jembatan penyeberangan orang,  ada loket pembelian tiket,  pintu barrier  jalan masuk dan jalan keluar,  fasilitas tempat sampah, informasi rute dan pintu otomatis.


Armada bus sejumlah 524 unit  di 11 koridor, Bus yang diberangkatkan diatur sesuai dengan waktu jam sibuk maupun jam tidak sibuk,  BLU Transjakarta Busway menambah rute-rute langsung. Jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam operasional busway sekitar 5000 orang yang terdiri dari pramudi, petugas pengamanan, petugas tiket dan petugas kebersihan.


5fcaaf51d5966f03344e88352c740474_img-20120818-00457


Berdasarkan pengalaman menggunakan jasa Transjakarta, secara umum Busway sangat berguna dan bisa membantu masyarakat Jakarta dalam transit atau transportasi dari satu titik ke titik lain. Beberapa kendala atau perlunya perbaikan yang bisa menjadi masukan Transjakarta adalah sebagai berikut :




  1. Waktu tunggu yang kadang lama, sebagai contoh saya pernah naik dari bendungan hilir menuju Pulo Gadung, saya menunggu waktu 40 meni, ternyata ada teman saya yang menunggu 1,5 jam Sdr Michael. Saya sich sangat jarang menggunakan jurusan langsung Bundaran Senayan (via Bendungan Hilir) - Pulo Gadung, namun teman saya Michael sudah tanggung kita bersama2 menunggu untuk menguji berapa lama waktu tunggu, wuaalah lama bener ya. Ada saran kami untuk solusi waktu tunggu yang sering manjadi alasan utama dalam pelayanan Transjakarta buat pengguna, diantaranya :

    1. Sistem Antrian berdasarkan Teori Antrian : dalam matematika ada teori antrian, emngapa tidak diterapkan teori antrian ini untuk tidak membuat kesal pengguna. Untuk biaya dengan kerja sama mahasiswa yang mau skripsi atau komunitas pencinta TransJakarta, BLU TransJakarta dapat masukan yang berbiaya rendah atau mungkin gratis. Kerja sama dengan perushaan sponsor justru mungkin bisa mendapatkan income misalnya dengan menyelenggarakan kompotensi membuat aplikasi atau masukan sistem antrian untuk TransJakarta. BLU TransJakarta cukup memberikan data jumlah halte, jarak antar halte, jumlah aramda per koridor, jumlah perkiraan pengguna untuk masing-masing halte dan lain sebagainya.

    2. Koridor / jalur langsung dan waktu tertentu sangat padat diperlukan penambahan armada atau peningkatan frekuensi terutama pada waktu-waktu tertentu. Misalnya untuk waktu libur jalur ke ragunan, arah taman mini, ancol  tentu padat. Sedangkan jam kerja dari dan ke tempat kerja utama di jakarta diperlukan armada dan frekuensi yang mencukupi. Saya pernah melihat ada bus-bus koridor tertentu kosong sedangkan koridor /jalur langsung sangat padat dan menunggu sangat lama, sehingga sering kali membuat kesal masyarakat.

    3. Informasi waktu kedatangan, banyaknya armada yang masih ada di tiap halte sangat penting buat masyarakat, hal ini penting buat pengguna Busway apakah tetap menunggu atau mencari alternatif jurusan lain atau dengan moda transportasi lain. Pengelolaan atau manajemen informasi begitu pentingnya sehingga kenyamanan dalam menunggu bisa teratasi.

    4. Hiburan dengan Televisi atau Radio/Musik di halte, hal ini penting untuk meredakan kekesalan atau mengarahkan penumpang ke zona kenyamanan dan kesabaran.

    5. AC atau setidaknya kipas angin, beberapa halte sangat panas di siang hari atau di malam hari karena cuaca atau penuh sesak penumpang yang menunggu. AC atau kipas angin bisa meredakan ketegangan dan kekesalan penumpang apabila menunggu lumayan lama.



  2. Armada yang diisi penumpang sampai penuh sesak, Transjakarta harus malu dengan KAI. KAI sudah memberlakukan penumpang jarak jauh semuanya duduk. Untuk TransJakarta tidak harus kebijakan tidak ada yang berdiri, namun kenapa tidak diambil kebijakan jumlah yang berdiri dibatasi sampai sekian puluh orang. Selain membuat nyaman penumpang juga jangka umur bis menjadi lebih lama dan awet. Tentunya ini bisa diatasi dengan Teori Antrian seperti saya sampaikan di atas.

  3. Masa pelayananan yang mulai jam 05.00 sd 22.00 (23.00), kenapa dalam waktu tertentu pelayanan ditambah menjadi 24 jam. Tentunya disampaiakan waktu tunggu menjadi lebih lama yang tadinya 2 - 3 menit menjadi 10 menitan. Kapan ya TransJakarta bisa seperti ini ? Jadi operasional bukan hanya didasarkan jam sibuk saja tetapi pelayanan penuh untuk seluruh masyarakat Indonesia yang sedang berada di Jakarta menjadi lebih murah. Sehingga tujuan TransJakarta tercapai yaitu salah satu alternatif  pelayanan dan penyediaan jasa transportasi yang aman, terpadu, tertib, lancar, nyaman, ekonomis, efisien efektif, dan terjangkau oleh masyarakat.


Tentunya masih banyak masukan dan kritikan untuk memperbaiki TransJakarta di saat ini dan masa depan, dengan masukan 3 hal tersebut yang utama saja, tentunya bisa meningkatkan branding akan TransJakarta bukan hanya lintasan BRT terpanjang di dunia tetapi menjadi BRT dengan pelayanan terbaik di dunia. Dengan demikian bisa menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta saja tapi juga Indonesia.


Semoga.




Mari Beri Masukan untuk Perbaikan Transjakarta


Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor I Blok M - Kota


Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor II Pulo Gadung - Harmoni


Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor III Kalideres - Harmoni


Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor IV Pulo Gadung - Dukuh Atas


Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor V Ancol - Kampung Melayu


Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor VI Ragunan - Dukuh Atas


Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor VII Kampung Rambutan - Kampung Melayu


Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor VIII Lebak Bulus - Harmoni


Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor IX Pluit - Pinang Ranti


Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor X Cililitan - Tanjung Priok



Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor XI Pulo Gebang - Kp Melayu


Rute TransJakarta ( Busway ) : Koridor XII Pluit - Tanjung Priok (Des 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar