Sabtu, 30 Juni 2012

Jakarta Book Fair 2012, Istora Senayan, 23 Jun - 1 Jul 2012

73597f17ed7a9921c03ab0b61732b7ff_jakartabookfair2012

Saya kemarin datang ke Jakarta Book Fair 2012 di istora Senayan Jakarta, ternyata masih berlangsung sampai 1 Juli 2012. Tempatnya di Istora Senayan Jakarta sebaiknya datang sekira pukul 11.00 WIB sampai 19.00 WIB supaya bisa melihat lihat atau berminat membeli buku baru atau lama.


Saya kebetulan mampir ke stand Balai Pustaka dan berbincang-bincang sebentar. Saya sampaikan beberapa hal berikut dan ternyata apa yang saya rasakan dirasakan penerbit buku juga :




  • Kebiasaan membaca dan kualitas buku yang dibaca sangat penting buat pertumbuhan dan kualitas kehidupan. Saat ini terlalu banyak informasi yang masuk melalui banyak media seprti televisi banyak salurannya, internet banyak portalnya belum lagi social media seperti twitter dan facebook. Informasi dari social media ada beberapa yang bersifat hoax atau beritanya tidak bisa dipertanggung jawabkan jika berasal dari sumber anonim. Sedangkan buku dibuat memang sudah melalui pertimbangan dan seleksi dari penerbit sehingga mutu bacaan dan informasi yang disampaikan lebih dapat dipertimbangkan secara  rasional.

  • Sikap untuk mau mulai menulis buku sangat penting buat kemampuan menyampaikan pendapat dan terutama  bisa sharing atas pengalaman dan pengetahuan masing-masing penulis. Tiap orang punya spesialisasi, hobby, pengetahuan  dan informasi yang penting disampaikan secara publik. banyak tokoh penting di dunia cukup dihargai atas tulisan dalam berbagai bentuk seperti artikel, opini, buku, puisi, novel, cerita pendek, blogpost dan lain sebagainya. Tokoh seperti Gus Dur, Habibie, Obama, John F Kennedy, Chappy Hakim, Yusril Ihza mahendra, Firmanzah dan lain sebagainya mempunyai tulisan yang cukup bermutu dan sangat penting untuk dibaca. Bahkan John F Kennedy pernah mendapatkan hadiaah Pulitzer atau penghargaan atas karya tulis bukunya Profiles in Courage yang sangat inspiratif.


Nah jika Anda dan keluarga masih ada kesempatan untuk datang berkunjung ke pameran buku ini banyak hal yang bisa dilakukan terutama untuk mendapatkan informasi buku terbaru dan bahkan menyisihkan anggaran untuk mengisi pengetahuan dan kebutuhan bacaan yang berguna untuk pendidikan, kehidupan, pekerjaan dan usaha kita.



85a8d978bbf2309ca55b2802a9b256e1_jakartabookfair2012_2

Ini beberapa catatan kecil mengapa saya masih sempatkan datang ke pameran buku :




  1. Jalan-jalan dengan melihat pameran buku asyiik juga lho bersama teman-teman, ataupun keluarga.

  2. Melihat buku terbitan terakhir, terutama buku-buku yang saya sukai seperti bidang pengembangan kepribadian, bidang keuangan dan profil orang yang terlah berhasil dan sukses dalam mengambangkan kepribadiannya.

  3. Buku terpopuler penting buat trend yang ada saat ini dan supaya tidak ketinggalan pengetahuan terkini.

  4. Secara tak sengaja saya baru tahu bahwa buku selain disumbangkan dapat juga buku yang lama dijual siapa tahu orang lain memerlukannya. Bahkan buku kartun atau komik ada pihka yang mau menampung.

  5. Buku adalah lautan luas pengetahuan yang tidak ada ujungnya, jadi lautan luas yang tidak tersedia itu mengapa tidak kita karungi sehingga kita menjadi pribadi yang makin berkualitas.

  6. Saya jadi gemas untuk segera menulis banyak hal terutama yang saya tahu dan kuasai, salah satunya ya tulisan ini.


Ayook datang ke pameran buku ya yang terdekat ya ini jakarta book fair 2012 sampai 1 juli 2012 di Istora Senayan Jakarta. Selamat jalan-jalan dan hunting buku yang disuka. Kalau perlu info follow twiitternya @jakartabookfair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar