Jumat, 30 Desember 2011

Hadiah Tutup Tahun Buat Indonesia : Investment Grade


indonesia2040



Indonesia adalah jamrud di katulistiwa dan negara yang cukup menarik untuk investasi. Setelah 14 tahun sejak krisis 1997 (terakhir Indonesia memperoleh rating investment grade) akhirnya pertengahan Desember 2011 Indonesia memperoleh raitng 'investment grade" dari pemeringkat Fitch, peringkat dari pihak independen global di mana suatu negara dianggap layak untuk dipertimbangkan sebagai negara untuk investasi.


Beberapa waktu lalu dikenal BRIC (Brasil, Rusia, India dan China) untuk negara-negara yang mempunya pertumbuhan positif di atas rata-rata yang bisa dipertimbangkan untuk investasi. Namun sekarang dikenal banyak istilah atau singkatan negara yang cukup seksi (menarik) untuk dipertimbangkan sebagai alternatif investasi, singkatan itu diantaranya :




  • ICI : India, China dan Indonesia

  • BRICI : Brasil, Rusia, India, China dan Indonesia

  • N11 : Bangladesh, Egypt (Mesir), Indonesia, Mexico, Nigeria, Pakistan, Filipina, South Korea (Korsel), Turkey dan Vietnam

  • VISTA : Vietnam, Indonesia, South Africa, Turkey dan Argentina

  • CIVET : Columbia, Indonesia, Vietnam, Egypt, Turkey

  • MIST : Mexico, Indonesia, South Africa, Turkey


Beberapa dalam kelompok tersebut ada yang belum mendapatkan investment grade, namun yang jadi perhatian ternyata di kelompok-kelompok yang cukup menjanjikan ada Indonesia di dalamnya. Pertumbuhan ekonomi global saat ini diperkirakan dalam kisaran 4%, namun Indonesia bertumbuh sekitar 6,5% dan tahun-tahun berikutnya berkisar 6,2% sd 6,7% atau lebih tinggi. Artinya pertumbuhan Indonesia lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan global.


Pertumbuhan ekonomi yang baik didukung inflasi yang cukup rendah sekitar 4 sd 6%, suku bunga yang relatif stabil dalam beberapa tahun ini deposito sekitar 6% - 7% dan pinjaman sekitar 10 - 12%, nilai tukar cukup terkendali antara 8.800 - 9.100. Pendapatan perkapita sudah mencapai 3.400 USD per orang atau lebih dari Rp. 2,5 juta per bulan per orang. Luas daratan 1,9 juta km persegi merupakan 16 besar dunia, lebih dari 17.500 kepulauan, dilingkupi lautan diapit samudera besar, mempunyai kekayaan alam yang beraneka ragam dan luar biasa serta terletak di kawasan yang sangat strategis maka wajar disebut Jamrud Katulistiwa.


Di penutup 2011 ini kesempatan yang baik untuk melihat sejarah, prestasi, dan resolusi yang belum digapai Indonesia, dengan hadiah Investment Grade ini, seluruh komponen bangsa dengan perjalanan historis yang menantang dan penuh proses yang mendewasakan dapat tegak berdiri menantang masa depan lebih baik. Indonesia masih perlu berbenah namun harus lebih banyak ditumbuhkan pola pikir positif, kerja sama semua pihaks ebagai tim besar Indonesia, doa dan tentunya kerja keras.


Biarlah sejak hari pertama 2012 nanti seluruh bangsa bersatu padu, bahu membahu, menumbuhkan kembali nasionalisme Indonesia untuk berperan aktif dan berarti buat sesama di muka bumi bahwa dengan gotong royong (bergandeng tangan) hidup menjadi lebih baik demi kemaslahatan dan kesejahteraan semua orang di muka bumi.


Semoga bangsa Indonesia bisa menjadi pelopor, perintis dan memainkan peranan kunci.


Selamat jalan 2011, selamat datang 2012 dan semoga dengan titik awal pengakuan investment grade ini merupakan titik balik kembali untuk menatap lebih baik dan jangka menengah tahun 2040 menjadi 4 negara besar secara ekonomi seperti yang diperkirakan bisa terwujud dengan kualitas kehidupan yang lebih baik.


Indonesia Pasti Bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar